Wilujeun Sumping Sadulur

Mung sakeudik kreatifitas abdi tapi mugi-mugi aya manfaatna kanggo anjeun ....... tapi punteun mun loba kakiranganana \m/

Selasa, 13 November 2012

Peran Pemuda dalam Pengembangan Pariwisata

Bila berbicara tentang peranan pemuda dalam berbagai hal apa pun sudah pasti akan dibutuhkan peran sosok para pemuda. Karena pemuda adalah generasi yang akan melanjutkan apa yang telah diwariskan oleh para pendahulunya dan tentunya mereka harus memiliki pemikiran yang baru dan segar untuk bisa lebih baik. Dimana mereka memiliki semangat yang besar untuk melakukan yang terbaik untuk dirinya dan oranglain. Begitu juga dalam sektor pariwisata, peran pemuda didalamnya sangat dibutuhkan. Terutama dalam pengembangan pariwisata. Karena Sejarah bangsa telah membuktikan bahwa Pemuda sangat berperan dalam pembentukan Negara Kesatuan sejak awal. Olehnya itu, peran Pemuda harus terus diberdayakan untuk memajukan berbagai sendi perekonomian masyarakat.

Para  pemuda yang berperan di sektor pariwisata harus mengenal budayanya sendiri dan mempunyai pengetahuan luas agar mudah memperkenalkan budaya kita yang sangat beragam dan unik ke mata dunia. Selain itu mereka juga harus bisa menguasai bahasa internasional, yaitu bahasa inggris agar mereka dapat dengan mudah melayani dan memberikan informasi kepada turis asing yang datang mengunjungi Indonesia. Dan para generasi muda harus mempunyai kesadaran sendiri untuk ikut melestarikan kebudayaan tradisional yang ada disekitar mereka agar kebudayaan tersebut tidak cepat punah dimakan zaman. Karena kita tahu bahwa di era globalisasi yang serba modern telah membuat para generasi muda seolah-olah melupakan apa yang menjadi tradisi dan kebudayaan mereka secara turun temurun. Jika para generasi muda tidak paham dan tahu akan budaya mereka sendiri, tentu saja cepat atau lambat pasti budaya tersebut akan punah. Tentu saja kita tidak mau mengalami hal tersebut, karena bagaimanapun kebudayaan dari para leluhur yang harus dilestarikkan keberadaannya.

Generasi muda harus berperan aktif dalam pelestarian kebudayaannya sendiri, karena merekalah para pewaris yang bertanggung jawab untuk tetap menjaga dan melestarikannya. Karena pariwisata sendiri mencakup komponen kebudayaan, apalagi Indonesia mempunyai beragam kebudayaan yang unik yang dapat menarik perhatian para turis mancanegara. Tidak hanya itu, para generasi muda pun harus mempunyai ide-ide yang baru dan segar bagaimana cara mengenalkan kebudayaan tradisional dengan cara yang berbeda. Jadi, dengan adanya peran aktif generasi muda di sektor pariwisata sudah pasti pariwisata di Indonesia akan menjadi lebih baik dan maju, karena itu  merupakan hal yang sudah sepatutnya dilakukan. Tentu saja hal tersebut harus dilakukan dengan sepenuhnya dan dirancang sedemikian rupa. Namun, semua itu dapat terwujud melalui peran konkrit dari pemerintah terkait. Sehingga, apa yang menjadi tujuan bangsa ini yaitu menyelamatkan kebudayaan lewat peran pemuda dapat terwujud.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar